View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Penggunaan Fitur Gamification pada Platform Digital Banking dengan Pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (1.211Mb)
      Fullteks (6.273Mb)
      Lampiran (1.154Mb)
      Date
      2022
      Author
      Nugraha, Christopher Ezra
      Septiani, Stevia
      Viana, Eka Dasra
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan penggunaan telepon seluler dan internet oleh masyarakat Indonesia membawa dampak terhadap perekonomian Indonesia, yaitu memicu peningkatan nilai transaksi digital banking. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bank digital untuk menganalisis faktor yang akan mempertahankan posisi persaingannya, salah satunya dengan melakukan inovasi yang mengandalkan tekonologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user acceptance dan usage gamification pada platform digital banking melalui model pengembangan dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT 2) yang menganalisis variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, price value, habit, hedonic motivation, behavioral intention, use behavior serta variabel gamification dan intention to recommend. Data diperoleh dengan pendekatan non-probability sampling dengan jenis voluntary sampling serta diperoleh dari 230 responden. Penelitian dianalisis dengan SEM-PLS yang menghasilkan analisis social influence, facilitating condition dan hedonic motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap fitur gamificaiton. Variabel price value dan habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention, serta behavioral intention, habit dan gamification berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior, yang pada akhirnya use behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to recommend. Penelitian memberi rekomendasi bagi para perusahaan digital banking, akademisi, serta masyarakat sehingga layanan digital banking dapat memberikan inovasi dalam industri perbankan yang menjawab kebutuhan masyarakat
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114487
      Collections
      • UT - Management [2709]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository