Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan EBT (Studi Kasus Energihub)
Date
2022Author
Nurlita, Shelly
Ratnawati, Anny
Asnawi, Yudha Heryawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebutuhan energi listrik yang terus meningkat mengakibatkan ketersedian bahan baku fosil semakin menipis. Krisis energi telah menjadi permasalahan global, beberapa negara telah dilanda krisis energi. Terjadinya krisis energi dikarenakan ketersediaan energi fosil sebagai bahan baku yang semakin menipis dan mengakibatkan volatilitas harga energi fosil menjadi sangat tinggi. Selain itu penggunaan bahan bakar fosil menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini membuat berkembangnya Energi Baru Terbarukan (EBT). Indonesia memiliki potensi EBT besar dalam pengembangan EBT. Hal ini mengakibatkan berkembangnya badan usaha di bidang EBT khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) salah satunya Energihub. Terdapat permasalahan penjualan yang tidak stabil, penjualan yang belum mencapai target serta faktor kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap EBT membuat perlunya strategi komunikasi pemasaran agar perusahaan dapat bersaing dan membangun kesadaran merek. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran digital saat ini, menganalisis tingkat kesadaran merek, dan merumuskan usulan strategi komunikasi pemasaran digital berdasarkan faktor pembangun kesadaran merek. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas serta pengukuran tingkat kesadaran merek menggunakan piramida brand awareness. Hasil dari penelitian ini merupakan strategi berdasarkan pengukuran tingkat kesadaran merek dan strategi komunikasi pemasaran berdasarkan faktor pembangun kesadaran merek pada media digital.
Collections
- UT - Business [415]