Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile E-Commerce Bajojo.id Menggunakan Model DeLone dan McLean
Date
2022Author
Merdekawan, Arie
Suroso, Arif Imam
Widhiani, Anita Primaswari
Metadata
Show full item recordAbstract
Aplikasi mobile e-commerce Bajojo.id merupakan produk inovasi PEMDAPROV Sumatera Barat bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di Indonesia. Namun, selama aplikasi ini diluncurkan jumlah pengguna merchant dan non merchant belum mencapai target dan aplikasi belum pernah dilakukan riset ke pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi dari sistem informasi pada aplikasi mobile e-commerce Bajojo.id dan memformulasikan rekomendasi untuk meningkatkan sistem informasi dengan menggunakan metode DeLone dan McLean. Berdasarkan hasil penelitian, baik pengguna merchant dan non merchant aplikasi mobile e-commerce Bajojo.id sudah memiliki sistem informasi yang dianggap cukup baik. Rekomendasi yang diberikan kepada sistem informasi aplikasi mobile e-commerce Bajojo.id yaitu diperlukannya peningkatan / perbaikan server, pengecekkan kualitas sebelum release, riset ke pengguna sebelum develop product dan meningkatkan awareness terkait dengan adanya aplikasi khusus untuk produk UMKM.
Collections
- UT - Business [314]