Analisis Kepuasan Konsumen Toko Mas Hikmah
Date
2021Author
Amrullah, Ihsan Fahmi
Suroso, Arif Imam
Ramadanti, Annisa
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan konsumen merupakan faktor penting dalam membangun bisnis, tak terkecuali bagi Toko Mas Hikmah yang mengalami penurunan jumlah pengunjung dan pemasukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen, mengidentifikasi atribut-atribut yang memengaruhi kepuasan konsumen, serta menganalisis kinerja atribut tersebut demi perbaikan pelayanan Toko Mas Hikmah. Atribut yang digunakan diperoleh dari pendekatan kualitas pelayanan model SERVQUAL. Alat analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dalam mengukur tingkat kepuasan konsumen dan Importance Performance Analysis (IPA) dalam mengidentifikasi kinerja atribut-atribut tingkat kepuasan konsumen tersebut. Penelitian dilakukan dari bulan Februari hingga April 2021 dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Toko Mas Hikmah. Pengambilan data tersebut menggunakan teknik non-probability sampling yaitu convenience sampling. Hasil yang didapatkan adalah tingkat kepuasan konsumen Toko Mas Hikmah sebesar 80,46% dengan kategori sangat puas. Hal ini berarti kinerja Toko Mas Hikmah sudah sangat baik, didukung dari hasil IPA yang menunjukkan terdapat sebelas atribut dari dua puluh atribut yang perlu dipertahankan. Namun, terdapat dua atribut yang perlu diperbaiki serta diprioritaskan yaitu atribut promosi melalui media online dan offline agar Toko Mas Hikmah dapat meningkatkan loyalitas konsumennya.
Collections
- UT - Business [422]