Pengaruh Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Pada Siswa Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengendalian diri dan
literasi keuangan terhadap perilaku menabung siswa menengah atas. Penelitian ini
dilakukan di Bogor, Jawa Barat, dengan sampel sebanyak 131 siswa jurusan IPA
dan IPS dari salah satu sekolah menegah atas di Kota Bogor. Penarikan sampel
dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui metode selfadministered. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan
antara karakteristik individu, karakteristik keluarga, literasi keuangan, dan
pengendalian diri pada siswa IPA dan IPS. Namun perilaku menabung, siswa IPS
lebih rutin menabung dibandingkan siswa IPA. Rata-rata siswa memiliki
pengendalian diri yang cukup baik atau terkategori sedang. Literasi keuangan
siswa pada dimensi pengetahuan masih rendah, namun memiliki sikap keuangan
yang tinggi, dan perilaku keuangan pada kategori sedang. Hasil uji regresi logistik
menunjukkan bahwa jurusan, pengetahuan keuangan, dan perilaku keuangan
berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung. Membaca buku tentang
keuangan dan memperhatikan pembelajaran di sekolah sangat penting untuk
meningkatkan pengetahuan keuangan siwa. This study aims to analyze the effect of financial literacy and self-control on
the saving behavior of high school students. This research was conducted in
Bogor, West Java, involving 131 science and social science students from High
School in Bogor City. Sample withdrawal techniques are made by samping
cluster. Data is collected through method of self administered. The results are not
seen as significant differences in adolescents characteristics, family
characteristics, financial literacy and self-control of students between scientific
and social departments. Students majoring in social saves more regulary than
students majoring in science. Financial knowladge are in the low category,
financial attitude are in the high category and financial behavior are in the mediun
category. Student self-control are in the medium category. Regression test results
indicate that there is a significant positive influence of financial knowledge and
self-control on saving behavior. Reading books on finances and paying attention
to school studies is essential for improving the financial knowledge of students.