Tingkat Kepuasan Mahasiswa S-1 IPB terhadap Layanan Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan proses belajar mengajar di seluruh
lembaga pendidikan harus diubah metodenya menjadi daring. Institut Pertanian
Bogor (IPB) merupakan salah satu universitas yang ikut menerapkan
pembelajaran daring terhitung dari bulan Maret 2020. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa S-1 IPB
terhadap layanan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Responden
pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik voluntary sampling
dengan jumlah responden sebanyak 255 responden. Data dikumpulkan melalui
kuesioner online menggunakan google form. Data yang diperoleh diolah
menggunakan microsoft excel, SPSS versi 25, dan SMART-PLS 3. Hasil
analisis uji pengaruh menunjukkan kualitas layanan berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kepuasan konsumen berpengaruh
positif signifikan terhadap net benefit. Saran yang bisa diberikan adalah IPB,
dosen, hingga tendik departemen perlu mempertahankan dan meningkatkan
kualitas pelayanan pembelajaran daring dari berbagai aspek. The Covid-19 pandemic has led to changes to the learning system online in
all educational institutions. IPB University is one of the universities that
implements online learning starting in March 2020. This research was
conducted with the aim of analyze the level of satisfaction of IPB
undergraduate students with online learning services during the Pandemic
Covid-19. Respondents in this research were selected by voluntary sampling
technique with 255 respondents. Data was collected through an online
questionnaire using google form. The data obtained were processed using
Microsoft Excel, SPSS version 25, and SMART-PLS 3. The results of the test
analysis show that service quality has a significant positive effect on customer
satisfaction, and also show that consumer satisfaction has a significant positive
effect on the net benefit. Suggestions that can be given are that IPB, lecturers,
and departments need to maintain and improve the quality of online learning
services from various aspects.