Penentuan Atribut Mutu Susu Siap Minum dalam Kemasan Menggunakan Modifikasi Klasifikasi Caswell
Abstract
Susu siap minum dalam kemasan memiliki berbagai atribut mutu. Susu siap
minum dengan jenis kemasan yang berbeda memiliki atribut mutu yang berbeda
pula. Klasifikasi Caswell mengelompokkan atribut mutu menjadi atribut mutu
intrinsik dan ekstrinsik. Klasifikasi Caswell telah dimodifikasi dengan
mengelompokkan atribut mutu yang umum dipertimbangkan responden dalam
memilih produk pangan kemasan. Penelitian ini bertujuan menentukan atribut
mutu dominan dari atribut mutu umum sebagai pertimbangan utama responden
memilih susu siap minum dalam kemasan, faktor ekonomi dan sosiodemografi
yang memengaruhi penentuan atribut mutu, serta jenis kemasan yang memiliki
mutu lebih tinggi pada produk susu siap minum dalam kemasan. Penelitian ini
menggunakan fasilitas survei online berbasis website, yaitu Google Form. Jenis
penelitian ini adalah non-probability sampling. Populasi pada penelitian ini
dibatasi masyarakat Indonesia yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Jumlah
responden pada penelitian adalah 115 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
atribut mutu dominan yang menjadi pertimbangan utama responden dalam
memilih produk susu siap minum dalam kemasan adalah atribut sensori dan
sertifikasi. Faktor ekonomi dan sosiodemografi responden yang memengaruhi
penentuan atribut mutu dominan terdiri atas tiga faktor. Faktor usia responden
memengaruhi penentuan atribut sensori dan harga, faktor pendidikan responden
memengaruhi penentuan atribut harga, dan faktor pendapatan responden
memengaruhi penentuan atribut keamanan pangan dan sensori. Kemasan susu siap
minum yang dinilai oleh responden memiliki mutu lebih tinggi adalah kemasan
kotak karton laminat. Ready-to-drink packaged milk has various quality attributes. Ready-to-drink milk
with different type of packaging has different quality attributes. Caswell’s
classification classifies quality attributes into intrinsic and extrinsic quality
attributes. Caswell’s classification has been modified by classifying quality
attributes commonly considered by respondents in choosing packaged food
products. This study aimed to determine the dominant quality attributes of the
common quality attributes as the primary consideration of respondents to select
ready-to-drink packaged milk, the economic and sociodemographic factors which
affected the determination of quality attributes, and the type of packaging that had
higher quality in ready-to-drink packaged milk products. This study used a
website based online survey facility, namely Google Form. This type of research
was non-propability sampling. The population in this study was limited to
Indonesian people who lived in Jabodetabek area. The number of respondents in
this study was 115 people. The results showed that the dominant quality attributes
becoming the primary consideration of respondents in choosing ready-to-drink
packaged milk were sensory and certification attributes. Economic and
sociodemographic factors of respondents influencing the determination of the
dominant quality attributes consisted of three factors. The age factor of
respondents affected the determination of sensory and price attributes, the
education factor of respondents affected the determination of price attribute, and
the income factor of respondents affected the determination of food safety and
sensory attributes. The ready-to-drink milk packaging assessed by respondents as
having higher quality was laminated carton.