Perpus: Multiservis Digital Platform untuk Mendukung Aktivitas Literasi Berbasis Inklusi Sosial
Abstract
Salah satu strategi dalam mewujudkan pembangunan ekonomi nasional adalah melalui masyarakat yang terampil dan berpengetahuan yang terbentuk melalui aktivitas literasi. Namun, tingkat literasi masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dalam meningkatkan aktivitas literasi, merancang model bisnis social entrepreneurship yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut, dan merancang Minimum Viable Product (MVP) yang sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan customer development yang befokus pada tahapan customer discovery, dengan alat analisis berupa Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian yang didapat adalah BMC yang terverifikasi beserta MVP aplikasi mobile yang diberi nama Perpus. Perpus hadir sebagai platform literasi berbasis inklusi sosial yang dirancang tidak hanya sebagai pusat informasi, melainkan juga menjadi wadah pengembangan diri dan kreativitas penggunanya. MVP Perpus terbentuk melalui pengujian prototype yang hasilnya dapat diterima menjadi solusi atas permasalahan yang ada.
Collections
- UT - Business [314]