Rancangan Model Bisnis Agrowisata Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor
Abstract
Keberhasilan pengembangan agrowisata sangat ditentukan oleh lokasi yang mempunyai potensi lingkungan alam, letak geografis, jenis produk atau komoditas pertanian yang dihasilkan, serta sarana dan prasarana yang mendukung pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rancangan model bisnis Agrowisata Desa Pasir Eurih melalui metode customer development yang difokuskan pada tahapan customer discovery. Pengembangan agrowisata berlokasi di Kampung Dukuh Menteng RT. 02/08, Desa Pasir Eurih. Elemen business model canvas (BMC) dirumuskan menggunakan metode customer discovery berdasarkan hasil pengujian masalah dan pengujian solusi di lapangan. Berdasarkan uji solusi, elemen BMC menghasilkan: customer segments wisatawan individu, keluarga, dan institusi berusia 5-50 tahun; value propositions kenyamanan pelayanan, berbagai fasilitas yang lengkap dan paket kunjungan kegiatan pertanian; channels langsung dan tidak langsung; customer relationships souvenir, foto dokumentasi, dan pelayanan yang ramah; key partnerships pemasok bahan baku, Traveloka, dan restoran; key activities pembenihan hingga panen, pemeliharaan, produksi, pemasaran, dan pelayanan; key resources sumberdaya berupa fisik, intelektual, manusia, dan finansial; cost structures biaya tetap dan biaya variabel; revenue streams penjualan paket kunjungan dan penyewaan. Setelah dilakukannya verifikasi BMC, perlu dilakukan tahap customer validation agar model bisnis dapat
diimplementasikan.
Collections
- UT - Business [415]