dc.description.abstract | Sejak berdiri pada tahun 2017, Mad For Makeup terus berupaya melakukan
inovasi dalam industri kecantikan di Indonesia. Salah satu strategi inovatif dari
Mad For Makeup adalah dengan membangun virtual brand community yang
dikenal dengan Rebel Beauty Community sebagai ruang untuk berkomunikasi
antara brand dan pelanggan. Terlepas dari kesuksesan terobosannya sebagai
beauty brand pertama di Indonesia yang memiliki komunitas, penelitian harus
dilakukan untuk melihat optimalisasi virtual brand community dalam membantu
perusahaan untuk mengembangkan brand equity. Oleh karena itu, 4 tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi gambaran VBC
dalam Mad For Makeup; (2) mengidentifikasi gambaran umum brand equity di
Mad For Makeup; (3) menganalisis estimasi dampak VBC terhadap brand equity
Mad For Makeup; (4) merumuskan cara terbaik untuk mengoptimalkan
penggunaan VBC dalam rangka meningkatkan kinerja brand equity perusahaan.
Penelitian dilakukan dengan memadukan pendekatan deskriptif kualitatif dan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei online yang nantinya akan diukur.
Data juga dikumpulkan dari observasi mendalam, survei online dan studi
literatur. Hasil penelitian berupa analisis deskriptif VBC, pengukuran brand
equity Mad For Makeup, analisis pengaruh VBC terhadap brand equity, dimana
peneliti menemukan perlu dilakukannya strategi optimasi dengan menggunakan
strategi benchmarking. | id |