Pengaruh Self-esteem dan Self-sufficiency terhadap Keberdayaan Konsumen Lintas Generasi di Indonesia
View/ Open
Date
2020Author
Amris, Ghina Salsabila
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Keberdayaan konsumen merupakan kondisi seorang konsumen yang
memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan akses advokasi untuk
melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Penelitian ini bertujuan
menganalisis dan membandingkan pengaruh self-esteem dan self-sufficiency
terhadap keberdayaan konsumen pada generasi baby boomers, generasi X,
generasi Y dan generasi Z. Penelitian ini menggunakan data mentah primer dari
“Pemetaan Indeks Keberdayaan Konsumen di Indonesia pada 2016-2017”.
Terdapat 2100 data dengan karakteristik, self-esteem, self-sufficiency, dan
keberdayaan konsumen serta ketujuh dimensinya sebagai variabel. Analisis data
menggunakan uji ANOVA untuk melihat perbedaan generasi dan regresi linear
berganda untuk melihat pengaruh. Temuan menunjukkan bahwa tingkat selfesteem
dan self-sufficiency secara umum terkategori rendah. Indeks Keberdayaan
Konsumen Indonesia bernilai 40.4 dan termasuk kategori mampu. Terdapat
perbedaan yang signifikan pada variabel self-esteem dan keberdayaan konsumen
antargenerasi. Self- esteem, lokasi, status pekerjaan, status pendidikan, dan
pendapatan perkapita berpengaruh positif signifikan terhadap keberdayaan
konsumen.