Show simple item record

dc.contributor.advisorHunaefi, Dase
dc.contributor.authorPutri, Livia Sausan Azhariyandi
dc.date.accessioned2020-12-27T01:34:18Z
dc.date.available2020-12-27T01:34:18Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104836
dc.description.abstractMinuman serbuk instan coklat merupakan produk olahan coklat yang cukup digemari di Indonesia sehingga menarik minat beberapa perusahaan untuk mengembangkan produk tersebut. Pengembangan produk dapat dilakukan melalui aspek sensori dan emosi yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk. Selain kedua aspek tersebut, branding yang disukai dan dapat menonjolkan ciri khas produk akan memberikan nilai tambah terhadap produk. Untuk memperoleh ketiga aspek tersebut dapat dilakukan evaluasi sensori berbasis konsumen melalui metode CATA (Check-All-That-Apply) dan IPM (Ideal Profile Method). Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi profil sensori dan emosi, serta menentukan warna, jenis musik, dan keadaan lingkungan yang berasosiasi terhadap flavor produk untuk mengembangkan produk ideal dan branding yang disukai konsumen. Metode CATA digunakan untuk memperoleh profil sensori dan emosi (Emotional mapping sensory) produk serta memperoleh profil jenis musik, warna dan lingkungan yang berasosiasi terhadap flavor setiap produk. Metode IPM digunakan untuk mengembangkan produk dengan mengoptimalkan atribut sensori yang ideal menurut konsumen. Sampel yang digunakan sebanyak 5 variasi minuman serbuk instan rasa coklat yang beredar dipasaran Indonesia. Profil produk minuman serbuk instan coklat yang paling disukai konsumen berdasarkan hasil CATA adalah salty, chocolate, chocolate flavor, mouth coating, toasted flavor, dan dense, dengan atribut warna barn red, atribut musik blues dan pop, atribut keadan lingkungan cold, dan atribut emosi satidfied, confident dan energetic. Profil ideal sensori yang termasuk ke dalam kategori must have yang harus dimiliki suatu produk ideal adalah bitter, milky, mouth coating, dan viscosity. Hasil uji IPM menunjukan produk C, D dan E mendekati karakteristik produk ideal dimana diperlukan peningkatan atribut bitter dan penurunan viscosity, milky, mouth coating pada produk C, peningkatan seluruh atribut pada produk D dan pada produk E atribut bitter, mouth coating dan viscosity perlu ditingkatkan, sedangkan atribut milky perlu diturunkan intesitasnya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcFood Science and Technologyid
dc.titleSensory Evaluation Instant chocolate powdered drink with CATA (Check-All-That-Apply), Emotional Sensory and IPM (Ideal Profile Method) methods.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCheck-All-That-Applyid
dc.subject.keywordIdeal Profile Methodid
dc.subject.keywordSensory Evaluationid
dc.subject.keywordEmotional mapping sensoryid
dc.subject.keywordInstant Chocolate Powdered Drinkid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record