Show simple item record

dc.contributor.advisorThenawidjaja, Maggy
dc.contributor.advisorHunaefi, Dase
dc.contributor.authorStevanto, Michael
dc.date.accessioned2020-07-17T04:27:09Z
dc.date.available2020-07-17T04:27:09Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103169
dc.description.abstractKonsumsi kopi didorong oleh motivasi yang berbeda seperti kenikmatan sensorik yang diberikan oleh rasa kopi dan stimulasi psikofisik yang disebabkan oleh kafein. Dewasa ini, banyak bermunculan coffee shop yang menjual produk kopi susu yang disajikan dengan es dalam kemasan siap minum dengan harga yang relatif terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Kopi Kekinian adalah signature/speciality coffee yang dicampur dengan susu segar serta bahan lainnya seperti gula aren atau gula kelapa, lalu disajikan secara dingin dengan es batu. Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu ternyata dapat menghasilkan emosi, baik positif maupun negatif. Emosi khas yang terkait dengan suatu produk menjadi semakin penting untuk keunggulan diferensial, terutama ketika produk dalam kategori yang sama berhubungan dengan kualitas, harga, dan daya jual produk tersebut. Beberapa metode sudah ditemukan untuk mengukur emosi positif yang berkaitan dengan makanan atau minuman, seperti check all that apply (CATA) dan rating scales. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi mengenai emotional sensory mapping dari sampel kopi susu kekinian sehingga menghasilkan profil emosi dari sampel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu focus group discussion (FGD), pengujian emotional sensory mapping dengan metode CATA dan korelasi brand dengan produk, dan analisis dengan perangkat lunak XLSTAT. Enam jenis es kopi susu yang menjadi sampel antara lain Si Eko Warunk Upnormal, Kopi Lain Hati, Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Kopi Soe dan Kopi Kulo. Produk yang paling disukai menurut panelis adalah Kopi Kenangan dengan atribut sensori milky, caramel, dan sweet, atribut emosi fun, energetic, dan comfortable, atribut needstate energy, fun, dan refreshment, atribut musik pop, jazz dan happy, atribut tekstur velvet, wool, dan wood, serta atribut warna orange.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcFood Scienceid
dc.titleEmotional Sensory Mapping Kopi Susu Kekinian Di PT Mane Indonesiaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbrandid
dc.subject.keywordCATAid
dc.subject.keywordemosiid
dc.subject.keywordes kopi susuid
dc.subject.keywordkopi susu kekinianid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record