Pengembangan Value Propositions pada ‘Glory Music Education’
View/ Open
Date
2019Author
Lestari, Nindita Ayu Mutia
Jahroh, Siti
Chasanah, Alfa
Metadata
Show full item recordAbstract
‘Glory Music Education’ merupakan salah satu start up bisnis kursus
musik berlokasi di Kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur. Jumlah pelanggan
yang masih jauh dari target perusahaan memunculkan dugaan bahwa value
propositions perusahaan belum dapat memenuhi kebutuhan customer segments.
Penelitian yang dilakukan sejak bulan Maret hingga Juni 2019 ini bertujuan
untuk: 1) menggambarkan kondisi ‘Glory Music Education’ saat ini; 2)
menganalisis kesesuaian customer segments dengan value propositions
perusahaan; dan 3) menentukan pengembangan value propositions pada ‘Glory
Music Education’. Alat analisis yang digunakan adalah value proposition canvas
(VPC), peta empati, dan benchmarking perusahaan dengan metode kualitatif.
‘Glory Music Education’ memiliki value propositions utama berupa harga kursus
lebih murah dan lokasi strategis. Pelanggan perusahaan terdiri dari pihak anak
usia sekolah dan orang tua sebagai pengambil keputusan. Berdasarkan kesesuaian
dengan customer segments, ‘Glory Music Education’ perlu membuat desain warna
tampilan fisik serta kurikulum pengajaran yang lebih menarik, mengadakan
kegiatan rutin pentas musik, dan menyediakan jenis kursus gitar, biola, dan vocal
sebagai value propositions baru perusahaan.
Collections
- UT - Business [425]