dc.description.abstract | Indostraw merupakan pelaku usaha sedotan ramah lingkungan berbahan
dasar stainless steel. Berawal dari penjualan ke konsumen akhir, Indostraw ingin
melakukan pengembangan pasar ke pelaku usaha minuman. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi pelaku usaha
minuman, mengidentifikasi solusi untuk permasalahan yang dihadapi pelaku
usaha minuman, mendapatkan model bisnis yang terverifikasi untuk
pengembangan pasar produk Indostraw. Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif dengan pendekatan riset aksi dan fokus pada aspek customer
discovery. Hasil uji masalah ditemukan berupa keinginan konsumen dalam
melakukan peralihan penggunaan sedotan alternatif dengan permasalahan tidak
memiliki supplier dan biaya yang tinggi. Indostraw menyediakan variasi bentuk
sedotan stainless steel serta dua variasi sistem kerjasama yang disesuaikan dengan
kebutuhan konsumen. Berdasarkan tahap uji solusi, fitur yang ditawarkan
Indostraw sudah sesuai dan menjadi solusi permasalahan bagi konsumen. Model
bisnis Indostraw terverifikasi berdasarkan aspek kesesuaian produk dengan pasar,
segmen dan saluran bisnisnya serta kemampuan bisnis dalam menghasilkan uang. | id |