Strategi Pengembangan Bisnis PT Fits Mandiri
Abstract
PT Fits Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan,
memproduksi dan mengkomersialisasikan hasil penelitian para pakar IPB di
bidang pangan fungsional siap masak di Kota Bogor, Jawa Barat. Perubahan
lingkungan bisnis PT Fits Mandiri dipengaruhi oleh beragamnya inovasi dan ide
dari para pesaing dalam memproduksi dan memasarkan produk. Strategi bisnis
diperlukan PT Fits Mandiri agar dapat bertahan dan lebih unggul. Penelitian ini
dilakukan pada bulan Maret-Mei 2019 dengan wawancara mendalam kepada 6
responden ahli yang bertujuan untuk memetakan dan mengevaluasi model bisnis.
Penelitian ini menggunakan metode business model canvas (BMC) dan matriks
SWOT dengan menggunakan analisis deskriptif yang menghasilkan rumusan
strategi untuk merancang perbaikan model bisnis pada PT Fits Mandiri. Hasil
rumusan strategi yang diperoleh dari matriks SWOT adalah meningkatkan
aktivitas pemasaran, melakukan inovasi dalam pengembangan produk dan
melakukan kolaborasi dengan mitra baru dalam meningkatkan layanan pelanggan.
Strategi bisnis baru tersebut berdampak pada implikasi penambahan usulan aspek
baru pada semua elemen BMC perbaikan terutama untuk branding produk dengan
memperluas customer segments.
Collections
- UT - Business [314]