Awatara Sepatu Ramah Lingkungan dengan Penerapan Circular Economy
View/ Open
Date
2019Author
Risyad, Muhamad
Zulbainarni, Nimmi
Nurhayati, Popong
Metadata
Show full item recordAbstract
Fashion merupakan industri yang besar dan terus berkembang. Namun
penerapan ekonomi linear menyebabkan industri fashion menjadi industri paling
merusak nomor dua di dunia. Awatara merupakan bisnis sepatu ramah lingkungan
dengan penerapan circular economy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
permasalahan sepatu ramah lingkungan, solusi yang sesuai, penerapan circular
economy yang tepat dan perumusan model bisnis terverifikasi Awatara. Metode
yang digunakakan adalah kualitatif dengan pendekatan customer discovery. Hasil
permasalahan yang ditemukan adalah sepatu belum nyaman, kualitas belum baik,
teknik pewarnaan belum sesuai, dan informasi produksi tidak transparan. Solusi
yang ditawarkan adalah penggunaan pewarna alami, jaminan uang kembali,
transparansi informasi pada packaging, penerapan quality control dan circular
economy. Penerapan circular economy bernama fitur ‘Lingkar’ terpenuhi terhadap
lima aspek yaitu strategi mendapatkan profit dari siklus, pengembangan produk
berdasarkan bahan baku yang ramah lingkungan, sumber dan manufaktur dari lokal,
penjualan secara online dan pengembalian produk menggunakan jasa logistik.
Model bisnis terverifikasi berdasarkan kesesuaian produk dengan pasar, pelanggan
dan cara menggapainya dan cara perusahaan menghasilkan uang. Awatara
menawarkan sepatu berbahan baku katun organik, menggunakan pewarna alami,
dengan informasi transparan pada kemasan, jaminan kenyamanan dan penerapan
quality control. Fitur ‘Lingkar’ menawarkan konsumen untuk dapat memperbaiki,
menukar dan menjual kembali sepatu kepada Awatara.
Collections
- UT - Business [314]