dc.description.abstract | Praktik gizi, pola asuh makan, dan pola asuh kesehatan merupakan positive
deviance yang penerapanya berperan nyata dalam status gizi anak. Penelitian ini
bertujuan mempelajari pengaruh pemberian intervensi edukasi determinan positive
deviance terhadap pengetahuan, sikap, praktik gizi serta pola asuh, dan hubungan
penerapan positive deviance terhadap status gizi balita. Variabel yang menjadi
determinan positive deviance dalam penelitian ini yaitu praktik gizi, pola asuh
makan, dan pola asuh kesehatan. Materi determinan positive deviance yang
diberikan antara lain gizi umum, gizi untuk balita, pola asuh makan balita,
pentingnya buah dan sayur, pemantauan status gizi balita, dan pola asuh kesehatan
anak dan balita. Desain studi yang digunakan adalah pre experimental study prepost
test one group design yang melibatkan ibu dari balita sebanyak 20 orang
yaitu 10 orang di Desa Cihideung Ilir dan 10 orang di Desa Cikarawang, Bogor.
Metode yang digunakan adalah pre-test sebelum intervensi dan post-test 2 minggu
sesudah intervensi. Selain itu, dilakukan pengukuran tinggi badan dan
penimbangan berat badan balita. Hasil penelitian ini menunjukan, terdapat
perbedaan signifikan antara pengetahuan, sikap, praktik gizi, dan pola asuh
makan, serta status gizi BB/U dan TB/U sebelum dan sesudah intervensi (p<0.05).
Sedangkan pola asuh kesehatan, dan status gizi BB/TB sebelum dan sesudah
intervensi tidak menunjukan perbedaan signifikan (p>0.05). Pengetahuan, sikap,
praktik gizi, pola asuh makan, pola asuh kesehatan sebelum intervensi tidak
berhubungan signifikan dengan status gizi. Pengetahuan gizi sesudah intervensi
memiliki hubungan signifikan dengan status gizi TB/U. Sedangkan sikap, praktik
gizi, pola asuh makan dan pola asuh kesehatan sesudah intervensi tidak memiliki
hubungan signifikan dengan status gizi. | id |