Show simple item record

dc.contributor.advisorKusharto, Clara Meliyanti
dc.contributor.authorWardani, Windi Ayu Tri
dc.date.accessioned2020-02-03T07:03:06Z
dc.date.available2020-02-03T07:03:06Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101612
dc.description.abstractPraktik gizi, pola asuh makan, dan pola asuh kesehatan merupakan positive deviance yang penerapanya berperan nyata dalam status gizi anak. Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh pemberian intervensi edukasi determinan positive deviance terhadap pengetahuan, sikap, praktik gizi serta pola asuh, dan hubungan penerapan positive deviance terhadap status gizi balita. Variabel yang menjadi determinan positive deviance dalam penelitian ini yaitu praktik gizi, pola asuh makan, dan pola asuh kesehatan. Materi determinan positive deviance yang diberikan antara lain gizi umum, gizi untuk balita, pola asuh makan balita, pentingnya buah dan sayur, pemantauan status gizi balita, dan pola asuh kesehatan anak dan balita. Desain studi yang digunakan adalah pre experimental study prepost test one group design yang melibatkan ibu dari balita sebanyak 20 orang yaitu 10 orang di Desa Cihideung Ilir dan 10 orang di Desa Cikarawang, Bogor. Metode yang digunakan adalah pre-test sebelum intervensi dan post-test 2 minggu sesudah intervensi. Selain itu, dilakukan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan balita. Hasil penelitian ini menunjukan, terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan, sikap, praktik gizi, dan pola asuh makan, serta status gizi BB/U dan TB/U sebelum dan sesudah intervensi (p<0.05). Sedangkan pola asuh kesehatan, dan status gizi BB/TB sebelum dan sesudah intervensi tidak menunjukan perbedaan signifikan (p>0.05). Pengetahuan, sikap, praktik gizi, pola asuh makan, pola asuh kesehatan sebelum intervensi tidak berhubungan signifikan dengan status gizi. Pengetahuan gizi sesudah intervensi memiliki hubungan signifikan dengan status gizi TB/U. Sedangkan sikap, praktik gizi, pola asuh makan dan pola asuh kesehatan sesudah intervensi tidak memiliki hubungan signifikan dengan status gizi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcCommunity Nutritionid
dc.subject.ddcNutrition Educationid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titlePengaruh Intervensi Edukasi Berbasis Determinan Positive Deviance terhadap Perilaku Ibu untuk Mencegah Kejadian Stuntingid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordedukasi giziid
dc.subject.keywordperilaku ibuid
dc.subject.keywordpositive devianceid
dc.subject.keywordstatus giziid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record