Pengaruh Edukasi Gizi dengan Metode Peer to Peer Education (Edukasi Teman Sebaya) terhadap Pengetahuan, Sikap dan Status Gizi pada Remaja Putri
dc.contributor.advisor | Ekayanti, Ikeu | |
dc.contributor.author | Pramono, Abdul Kholiq | |
dc.date.accessioned | 2020-02-03T04:37:28Z | |
dc.date.available | 2020-02-03T04:37:28Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101579 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengkaji pengaruh edukasi gizi dengan metode peer to peer education (edukasi teman sebaya) terhadap pengetahuan, sikap dan status gizi pada remaja putri. Desain penelitian ini adalah pre-post one group design. Jumlah contoh yang digunakan sebanyak 105 remaja putri terdiri dari 13 duta gizi dan 92 non duta gizi di SMA Negeri 1 Ciampea. Pengaruh edukasi gizi diukur dengan melakukan pre test dan post test menggunakan kuesioner. Hasil analisis menjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan dan sikap pada remaja putri (duta gizi dan non duta gizi) setelah intervensi (p<0.05). Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap baik pada duta gizi maupun non duta gizi (p<0.05) serta terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap duta gizi dengan pengetahuan non duta gizi (p<0.05). | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.subject.ddc | Community Nutrition | id |
dc.subject.ddc | Nutrition Education | id |
dc.subject.ddc | 2019 | id |
dc.subject.ddc | Bogor-Jawa Barat | id |
dc.title | Pengaruh Edukasi Gizi dengan Metode Peer to Peer Education (Edukasi Teman Sebaya) terhadap Pengetahuan, Sikap dan Status Gizi pada Remaja Putri | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | Edukasi gizi | id |
dc.subject.keyword | edukasi teman sebaya | id |
dc.subject.keyword | pengetahuan | id |
dc.subject.keyword | sikap | id |
dc.subject.keyword | status gizi | id |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT - Nutrition Science [2987]