Analisis Strategi Pemasaran Dalam Membantu Penjualan UMKM Kerajinan Kerang Hijau Binaan PT PJB UP Muara Karang Jakarta
Abstract
Perkembangan zaman menuntut semua masyarakat untuk terus berinovasi.
Salah satunya adalah dalam bidang pemasaran, terutama pada sektor UMKM. Para
pelaku usaha harus jeli dan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi serta
internet, karena dapat memudahkan dalam segi pemasaran serta mampu
mengefisienkan dan mengefektifkan biaya dalam penjualan dan pelayanan
pelanggan. Penelitian ini bertujuan menetapkan strategi pemasaran dalam
membantu penjualan UMKM Kerajinan Kerang Hijau. Jenis data yang digunakan
pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer di peroleh dari
hasil observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM Kerajinan Kerang Hijau
binaan PT PJB UP Muara Karang, Dinas UMKM, Konsultan IT, Pemerintah
Daerah serta data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, instansi terkait.
Pengolahan data penelitian ini menggunakan Analisis SWOT dan dipilih strategi
Pemasaran yang terbaik menggunakan Analisis Hierarki Proses (AHP). Hasil dari
penelitian ini berupa alternatif strategi yang bisa diterapkan yaitu penetrasi pasar.
Collections
- UT - Management [3354]