Kualitas Website dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan E-Commerce pada UMKM di Jabodetabek-Bandung
Abstract
E-commerce merupakan bukti nyata adanya utilisasi teknologi yang mentransformasi teknik jual-beli tradisional menjadi digital, fenomena ini pula terjadi pada UMKM di Indonesia yang berperan sebagai penyumbang terbesar PDB. Diantara berbagai platform e-commerce, website merupakan platform utama yang dapat membentuk keunggulan kompetitif dan menjadi salah satu faktor keberhasilan e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakterisik e-commerce, menganalisis persepsi pelaku UMKM terhadap kualitas website dan menganalisis pengaruhnya terhadap keberhasilan e-commerce pada UMKM di Jabodetabek-Bandung. Data primer bersumber dari kuesioner dan data sekunder bersumber dari buku, tesis, dan jurnal. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebesar 103 responden. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan penggunaan berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keberhasilan e-commerce, sedangkan kualitas website berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap keberhasilan e-commerce.
Collections
- UT - Management [3332]