Strategi Pengembangan Bisnis pada Startup Kosmetik CV Osephire
View/ Open
Date
2019Author
Putri, Yeliana Esther Claudia
Daryanto, Arief
Metadata
Show full item recordAbstract
CV Osephire adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan khususnya masker wajah yang berbahan dasar Spirullina. Perawatan menggunakan masker wajah adalah salah satu gaya hidup yang telah menjadi trend populer di masyarakat Indonesia saat ini. Selain memiliki daya tarik keunggulan serta peluang bisnis yang besar, bisnis startup juga tidak lepas dari kelemahan, kendala, serta tantangan. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi dan model bisnis yang tepat untuk mempercepat dalam pengembangan bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengidentifikasi kondisi bisnis yang saat ini dijalankan oleh startup CV Osephire dengan pendekatan Business model canvas (BMC), (2) Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) dari setiap elemen BMC CV Osephire, (3) Merumuskan strategi pengembangan bisnis yang perlu dijalankan oleh CV Osephire berdasarkan penyempurnaan model bisnis tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Setelah dilakukan identifikasi sembilan elemen BMC dan analisis SWOT, disimpulkan bahwa CV Osephire perlu perbaikan pada elemen sumber daya kunci (SDM) dan aktivitas kunci (pemasaran).
Collections
- UT - Business [429]