Salaca: Perencanaan Model Bisnis Selai Lembaran Buah Salak
View/ Open
Date
2019Author
Hapsari, Vega Larasati Diyah
Zulbainarni, Nimmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Selai lembaran merupakan inovasi produk pangan buah-buahan yang
memiliki potensi sebagai solusi dari kebutuhan masyarakat akan sarapan cepat yang
bernutrisi. Penelitian ini bertujuan melihat permasalahan yang paling sering dialami
dalam aktivitas sarapan, saat mengkonsumsi selai dan ketika mengkonsumsi buah
salak. Selanjutnya, penelitian ditunjukan untuk menemukan segmen pelanggan
yang sesuai serta memperoleh solusi paling tepat guna dalam permasalahan terkait
konsumsi selai. Pengambilan sampel secara purposive dilakukan untuk
pengumpulan data, data di analisis dengan pendekatan kualitatif. Pada tahap awal
penelitian, hipotesis didasarkan pada sembilan elemen kanvas model bisnis yang
kemudian di uji kembali sehingga diperoleh kanvas model bisnis yang terverifikasi
untuk produk selai lembaran. Berdasarkan analisis uji masalah dan solusi, terdapat
beberapa perubahan dan penambahan spesifik pada fitur produk. Produk selai
lembaran buah salak berpeluang menjadi solusi dari permasalahan dengan
keunggulan berupa kemudahan dari segi penyajian dan waktu, kemasan mudah
dibawa, berbahan dasar alami tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan, dan
berbahan baku buah salak Bogor yang merupakan buah unggulan khas daerah.
Berdasarkan analisis biaya dan preferensi responden diperoleh harga jual pada selai
lembaran sebesar Rp17 000 per kemasan.
Collections
- UT - Business [421]