Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.authorHaniifah, Hanaa
dc.date.accessioned2019-12-30T02:47:32Z
dc.date.available2019-12-30T02:47:32Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100643
dc.description.abstractKetidakpuasan konsumen dalam mengonsumsi barang dan jasa dapat mendorong konsumen untuk melakukan komplain kepada perusahaan. Niat komplain merupakan niat konsumen yang mengalami ketidakpuasan dalam mengonsumsi barang dan jasa untuk melakukan komplain kepada perusahaan sebelum terbentuknya perilaku komplain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh emosi negatif dan persepsi nilai komplain terhadap niat komplain konsumen lansia pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode wawancara terstruktur. Pemilihan contoh pada penelitian ini dipilih secara non probability sampling dengan contoh yaitu konsumen yang berusia 60 tahun ke atas, pengguna layanan kesehatan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Contoh pada penelitian ini berjumlah 200 orang yang berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Pengambilan data dilakukan selama bulan April 2019. Analisis data menggunakan metode SEM melalui program Analisis of Moment Structures (AMOS) dan Statistical Product and Servicer Solutions (SPSS). Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara usia dengan niat komplain dan terdapat hubungan positif signifikan antara pendidikan terakhir dengan niat komplain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi negatif memengaruhi niat komplain sedangkan persepsi nilai komplain tidak memengaruhi niat komplain.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcConsumer Scienceid
dc.subject.ddcComplaintid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.titlePengaruh Emosi Negatif dan Persepsi Nilai Komplain terhadap Niat Komplain Konsumen Lanjut Usia pada Pelayanan Kesehatanid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordemosi negatifid
dc.subject.keywordkonsumen lanjut usiaid
dc.subject.keywordniat komplainid
dc.subject.keywordpersepsi nilai komplainid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record