View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Emosi Negatif dan Persepsi Nilai Komplain terhadap Niat Komplain Konsumen Lanjut Usia pada Pelayanan Kesehatan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (18.88Mb)
      Date
      2019
      Author
      Haniifah, Hanaa
      Yuliati, Lilik Noor
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ketidakpuasan konsumen dalam mengonsumsi barang dan jasa dapat mendorong konsumen untuk melakukan komplain kepada perusahaan. Niat komplain merupakan niat konsumen yang mengalami ketidakpuasan dalam mengonsumsi barang dan jasa untuk melakukan komplain kepada perusahaan sebelum terbentuknya perilaku komplain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh emosi negatif dan persepsi nilai komplain terhadap niat komplain konsumen lansia pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode wawancara terstruktur. Pemilihan contoh pada penelitian ini dipilih secara non probability sampling dengan contoh yaitu konsumen yang berusia 60 tahun ke atas, pengguna layanan kesehatan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Contoh pada penelitian ini berjumlah 200 orang yang berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Pengambilan data dilakukan selama bulan April 2019. Analisis data menggunakan metode SEM melalui program Analisis of Moment Structures (AMOS) dan Statistical Product and Servicer Solutions (SPSS). Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara usia dengan niat komplain dan terdapat hubungan positif signifikan antara pendidikan terakhir dengan niat komplain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi negatif memengaruhi niat komplain sedangkan persepsi nilai komplain tidak memengaruhi niat komplain.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100643
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [890]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository