dc.description.abstract | Kelapa sawit merupakan komoditas andalan Indonesia pada sektor pertanian.
Namun terjadi penurunan kinerja eskpor minyak kelapa sawit membuat pasar
domestik mengolahnya menjadi aneka produk hilir. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi pemasaran yang tepat dengan melihat kedekatan bauran
pemasaran melalui analisis Biplot terhadap produk turunan inti kelapa sawit yang
menjadi objek penelitian yakni Dairy Products (roti tawar, coklat batangan,
permen, es krim) dan Toiletries (detergen, sabun mandi, shampo, kosmetik).
Penelitian ini menggunakan purpossive sampling di wilayah Jabodetabek dengan
responden usia 15-49 tahun sebanyak 150 orang. Hasil menunjukkan bahwa
coklat batangan, permen, es krim, dan shampo memiliki kedekatan dengan bauran
produk dan harga. Roti tawar, sabun mandi, dan detergen memiliki kedekatan
dengan bauran harga, produk, dan tempat. Sedangkan kosmetik diketahui dekat
dengan bauran produk, harga, dan promosi konvensional. | id |