Analisis Faktor-Faktor dalam Keputusan Pembelian Terencana Produk Makanan Halal di Daerah Penyangga Ibukota
Abstract
Makanan adalah kebutuhan setiap manusia. Namun bagi setiap muslim,
makanan yang dikonsumsi harus terjamin kehalalannya Namun diketahui bahwa
sebagian besar produk yang beredar di Indonesia belum tersertifikasi halal.
Berdasarkan dari teori perilaku terencana (Ajzen 2011), hal tersebut diasumsikan
akan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk makanan.
Selain itu faktor-faktor lingkungan makro menurut Kotler dan Keller (2016) akan
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sehingga akan berdampak pada
keuntungan yang didapatkan perusahaan. Penelitian ini akan mengkombinasikan
teori perilaku keputusan dengan faktor-faktor lingkungan eksternal dalam
mempengaruhi minat beli produk makanan halal dan pengaruh tidak langsung
terhadap keputusan pembelian produk makanan halal oleh masyarakat di daerah
penyangga ibukota (kota dan kabupaten Bogor, kota dan kabupaten Bekasi, serta
kota Depok) dengan variabel minat beli sebagai vaiabel intervensi. Hasil analisis
SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif, kendali perilaku,
ekonomi, dan sosial-budaya berpengaruh secara tidak langsung terhadap
keputusan pembelian konsumen.
Collections
- UT - Management [3443]