Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pembelian Nenas di Pasar Tradisional dan Modern Kota Bogor
Abstract
Nenas merupakan salah satu buah unggulan di Indonesia. Perbedaan jenis nenas dan tempat pembelian memengaruhi membeli nenas sehingga keputusan pembelian juga berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengidentifikasi kepuasan pelanggan terhadap pembelian nenas di Kota Bogor. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Expectation Performance Analysis (EPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini menggunakan 60 responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan bahwa responden secara keseluruhan puas terhadap pembelian nenas di Pasar Tradisional sebesar 76.77 persen, untuk menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan bahwa responden secara keseluruhan puas terhadap pembelian nenas di Pasar Modern sebesar 76.68 persen.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]