Pengaruh Praktek Pengasuhan dan Iklim Sekolah terhadap Kecerdasan Emosi Remaja SMK.
Abstract
Saat ini, mengembangkan kecerdasan emosi remaja belum menjadi fokus perhatian keluarga
dan sekolah padahal kecerdasan emosi akan sangat menentukan kualitas hidup remaja di masa
depan. Keluarga melalui praktek pengasuhan memiliki peran penting dalam membentuk
kecerdasan emosi. Selain itu, iklim sekolah juga turut memengaruhi terbentuknya kecerdasan
emosi yang baik pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
karakteristik remaja dan keluarga, praktek pengasuhan, dan iklim sekolah terhadap kecerdasan
emosi remaja. Penelitian ini melibatkan 175 siswa sekolah menengah kejuruan. Lokasi
penelitian dipilih secara purposive di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Hasil penelitian
menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan emosional remaja
antara anak laki-laki dan perempuan. Hasil uji hubungan menunjukkan variabel praktek
pengasuhan dan iklim sekolah berhubungan erat dengan kecerdasan emosi remaja dan secara
konsisten memberikan pengaruh nyata berdasarkan hasil uji regresi. Pihak keluarga dan
sekolah yang mampu meningkatkan kualitas praktek pengasuhan dan meningkatkan iklim
sekolah yang lebih baik akan menyebabkan remaja cerdas secara emosi. Untuk penelitian lebih
lanjut, direkomendasikan untuk membuat perbandingan antara daerah pedesaan dan perkotaan
dengan melibatkan tidak hanya remaja pada siswa sekolah menengah atas tetapi juga remaja
awal dan remaja akhir.