Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen
Abstract
Kepuasan konsumen diduga dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan harga
produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan
dan harga produk terhadap kepuasan konsumen AGRIMART. Responden dalam
penelitian ini yaitu mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU)
IPB sebanyak 250 orang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional
study. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 54.8 persen responden mengategorikan kualitas pelayanan
AGRIMART pada kategori rendah. Selain itu, terdapat pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan tidak
terdapat pengaruh harga produk terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap harga produk
AGRIMART berada pada kategori rendah. Hasil uji hubungan menunjukkan
bahwa terdapat hubungan antara uang saku dengan kepuasan secara keseluruhan.