dc.description.abstract | Pembelian impulsif adalah tindakan membeli yang sebelumnya tidak diakui secara
sadar. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan menganalisis pengaruh
konsep diri, gaya hidup, dan strategi pemasaran terhadap perilaku pembelian
impulsif pada generasi Baby Boomer, generasi X, dan generasi Y. Penelitian ini
menggunakan desain cross sectional study dengan wawancara langsung
menggunakan kuesioner di DKI Jakarta. Responden sebanyak 90 orang ibu rumah
tangga yang dipilih menggunakan metode quota sampling. Analisis data
menggunakan one way anova dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan tidak
terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel konsep diri, gaya hidup, strategi
pemasaran, dan pembelian impulsif antara generasi Baby Booomer, generasi X, dan
generasi Y. Variabel gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap pembelian
impulsif pada semua generasi, generasi Baby Boomer, dan generasi X. Variabel
lainnya dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian
impuslif. | id |