View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Konsep Diri Akademik terhadap Stres Akademik Remaja di Wilayah Perdesaan dan Perkotaan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (2.206Mb)
      Date
      2019
      Author
      Afriandani, Dwi Izhaty
      Hernawati, Neti
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Individu yang memasuki masa remaja akan menghadapi tekanan akademik yang lebih besar dibandingkan dengan masa sebelumnya sehinggga dapat menyebabkan timbulnya stres. Stres yang disebabkan oleh tekanan akademik ini disebut stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan orang tua dan konsep diri akademik terhadap stres akademik remaja di wilayah perdesaan dan perkotaan. Penelitian ini melibatkan 227 siswa kelas 8 (109 perdesaan dan 118 perkotaan) dari SMPN 1 Rumpin, SMPN 1 Ciseeng, SMPN 4 Kota Bogor, dan SMPN 9 Kota Bogor. Pemilihan sekolah dan sampel dilakukan secara purposive. Data dikumpulkan dengan teknik self-report, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji beda, uji korelasi, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orang tua dan stres akademik remaja perkotaan lebih tinggi dibandingkan remaja perdesaan. Sementara itu, konsep diri akademik remaja perdesaan dan perkotaan tidak berbeda sgnifikan baik pada dimensi kepercayaan diri akademik maupun usaha akademik. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri akademik dan semakin baik komunikasi orang tua-sekolah, keterlibatan di rumah, dan keterlibatan di sekolah maka semakin rendah stres akademik remaja. Selain itu, konsep diri yang tinggi akan menurunkan stres akademik remaja. Sementara itu, keterlibatan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap stres akademik remaja di wilayah perdesaan dan perkotaan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98537
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [890]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository