Pengaruh Gaya Hidup dan Efektivitas Iklan Kopi Instan terhadap Konsumsi Kopi Instan di Kalangan Petani Periurban Kabupaten Bogor
Abstract
Pada saat ini terjadi peningkatan konsumsi kopi instan. Konsumsi kopi instan
diduga dipengaruhi oleh gaya hidup dan efektivitas iklan. Kopi instan yang diteliti
dalam penelitian ini adalah kopi instan merek TOP COFFEE. Responden dalam
penelitian ini adalah petani di Kecamatan Cibungbulang sebanyak 100 orang
responden. Penelitian ini menemukan bahwa gaya hidup pembuat paling banyak
(32%) dimiliki oleh responden. Efektivitas iklan kopi instan pada penelitian ini
termasuk dalam kategori efektif (3.54). Hasil penelitian menunjukan adanya
hubungan antara jenis kelamin, gaya hidup percaya, gaya hidup berusaha keras
dengan konsumsi kopi instan. Hasil uji regresi linear berganda menemukan adanya
pengaruh jenis kelamin laki-laki dan gaya hidup percaya terhadap konsumsi kopi
instan.