Pengembangan Pasar Cascara (Teh Kulit Kopi).
Abstract
Cascara adalah produk samping pengolahan hulu kopi. Komoditas ini
mempunyai peluang besar untuk dikembangkan menjadi produk penurun berat
badan. Cascara mengandung asam klorogenat dan kafein yang dapat menurunkan
kadar lemak dalam tubuh tanpa mengganggu asupan makanan dan kebutuhan
energi harian dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain model
bisnis cascara sebagai solusi untuk membantu penurunan berat badan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset aksi dengan pendekatan
customer development. Permasalahan konsumen yang didapatkan adalah keraguan
pada produk diet, produk tidak sesuai dengan kebutuhan, dan kebutuhan akan
suplemen penurun berat badan yang tinggi. Berdasarkan pengujian solusi, produk
cascara mempunyai proposisi nilai yang sesuai dengan kebutuhan konsumen,
yaitu mengandung bahan aktif penurun berat badan, alami, mempunyai rasa dan
aroma yang khas, praktis, dan rendah kalori.