Pengaruh Paparan Informasi, Materialisme dan Kesadaran Hak Konsumen terhadap Kemandirian Konsumen dan Konsumerisme pada Generasi Y.
View/ Open
Date
2018Author
Rizkiyani, Rizka Meilya
Yuliati, Lilik Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemampuan konsumen dalam memilih, memperjuangkan dan menentukan hak-haknya merupakan perilaku awal terwujudnya kemandirian konsumen. Upaya yang dapat di lakukan oleh konsumen untuk memperjuangkan hak-haknya dengan cara melakukan gerakan konsumen yang terorganisir yang di sebut dengan konsumerisme. Tingkat kesadaran konsumen yang masih rendah akan hak-haknya sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran konsumen dilakukan melalui paparan informasi dan materialisme sebagai sumber informasi sehingga terwujudnya kemandirian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan informasi dan materialisme terhadap kemandirian konsumen dan konsumerisme pada generasi Y. Desain pada penelitian ini adalah menggunakan cross-sectional study dengan survei online pada 301 responden. Sampel penelitian ini adalah individu yang berada pada rentang umur 18-36 tahun. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif pada SPSS dan metode SEM dengan program Analysis of Moment Structures (AMOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kemandirian konsumen dan konsumerisme tergolong kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kesadaran hak konsumen terhadap kemandirian konsumen.