dc.description.abstract | Industri toko ritel modern di Indonesia saat ini berada pada persaingan yang
sangat ketat, apalagi dengan meningkatnya tren bisnis e-commerce. PB Swalayan Kota
Metro merupakan salah satu perusahaan yang berada dalam industri toko ritel modern.
Untuk meningkatkan nilai tambah usahanya dibandingkan pesaing, biasanya peritel
menerapkan instrumen retail mix. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (1)
Mengidentifikasi karakteristik konsumen PB Swalayan Kota Metro; (2) Menganalisis
pengaruh retail mix terhadap kepuasan konsumen PB Swalayan Kota Metro; (3)
Menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen PB Swalayan Kota
Metro. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, IPA, CSI, dan SEM. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa atribut-atribut retail mix memengaruhi kepuasan
konsumen dengan nilai sangat puas, namun terdapat lima atribut retail mix yang
menjadi prioritas untuk segera diperbaiki. Selain itu, kepuasan konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, indikator yang paling berpengaruh
adalah kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. | id |