Strategi Pengembangan Usaha Mikro pada Kelompok Wanita Tani Dahlia Kabupaten Bogor.
Abstract
Kelompok Wanita Tani Dahlia merupakan kelompok usaha mikro yang
memproduksi makanan ringan dengan bahan baku umbi-umbian. Permasalahan
yang dihadapi oleh Kelompok Wanita Tani Dahlia adalah adanya penurunan
jumlah permintaan, pemasaran terbatas, dan belum memiliki sistem manajemen
yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi lingkungan internal
dan eksternal, merumuskan strategi alternatif, dan menyusun rekomendasi strategi
pengembangan usaha mikro pada Kelompok Wanita Tani Dahlia. Metode yang
digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analalisis kualitatif untuk
mengetahui faktor kunci berupa peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan,
serta perumusan alternatif strategi melalui matriks SWOT. Analisis kuantitatif
digunakan pada matriks IFE, matriks EFE, dan Matriks QSP. Analisis lingkungan
menghasilkan sebelas faktor kunci eksternal dan tigabelas faktor kunci internal.
Matriks SWOT menghasilkan empat alternatif strategi. Strategi yang paling tepat
untuk dilaksanakan pada Kelompok Wanita Tani Dahlia adalah strategi penguatan
kondisi internal melalui pembuatan standar operasional prosedur, dan membuat
perencanaan usaha.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]