Strategi Daya Saing Kelapa Sawit Mentah dan Olahan Indonesia di Pasar Internasional.
View/ Open
Date
2018Author
Rahayu, Yosi Lisdiani
Munandar, Jono Mintarto
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan daya saing kelapa sawit
antara Indonesia dengan Malaysia dan menganalisis strategi yang dapat dilakukan
Indonesia. Data primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner, data sekunder
diperoleh dari literatur yang relevan. Berdasarkan hasil RSCA, kelapa sawit
mentah (HS 151110) menunjukkan daya saing yang cenderung menurun dan
cenderung berada dibawah Malaysia, sedangkan minyak kelapa sawit olahan (HS
151190) menunjukan daya saing yang cenderung meningkat dan berada diatas
Malaysia. Berdasarkan hasil analisis IFE dan EFE, kelapa sawit Indonesia berada
pada posisi yang kuat dan berdasarkan analisis IE Indonesia berada pada sel
kelima, yaitu menjaga dan mempertahankan. Berdasarkan hasil analisis SWOT
dan AHP menunjukan strategi daya saing kelapa sawit Indonesia di pasar
internasional dipengaruhi oleh faktor keunggulan komparatif kelapa sawit (0.271),
aktor yang paling berperan adalah pemerintah (0.223), tujuan yang menjadi
prioritas utama dan paling ingin dicapai adalah menjadikan kelapa sawit sebagai
industri pertanian yang berkelanjutan (0.386), serta alternatif strategi yang
menjadi prioritas utama untuk diterapkan adalah memenuhi standar internasional
dalam pelaksanaan pertanian berkelanjutan (0.295).
Collections
- UT - Management [3472]