Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan terhadap Minat Beli pada E-commerce dengan Fasilitas Escrow (Studi Pada Pengguna Tokopedia dan Bukalapak Indonesia).
Abstract
Ketakutan masyarakat untuk melakukan transaksi secara daring yang menyebabkan
terhambatnya perkembangan perdangan elektronik di Indonesia. Faktor penyebabnya
adalah karena kurangnya kepercayaan dan keamanan masyarakat terhadap perdangan
elektronik. Tokopedia dan Bukalapak merupakan perdangan elektronik terbesar Indonesia
yang menyediakan fasilitas escrow sebagai sarana transaksi penunjang kepercayaan dan
keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengguna,
menganalisis tanggapan pengguna mengenai kepercayaan, keamanan, dan minat beli, dan
menganalisis pengaruh kepercayaan dan keamanan terhadap minat beli pada perdangan
elektronik dengan fasilitas escrow. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah
metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 23
untukWindows. Hasil analisis menunjukan kepercayaan dan keamanan berpengaruh positif
terhadap minat beli pengguna perdangan elektronik dengan fasilitas escrow, dan yang lebih
berpengaruh adalah faktor kepercayaan yang terdiri dari jaminan kepuasan, perhatian, dan
keterus-terangan.
Collections
- UT - Management [3332]