dc.description.abstract | Buah naga merupakan komoditas hortikultura yang marak dikembangkan
para pembisnis. Sabisa Farm IPB salah satu tempat yang melakukan budidaya
buah naga. Persaingan bisnis yang semakin tinggi menuntut Sabisa Farm dapat
menawarkan berbagai keunggulan produk dengan memberikan mutu produk yang
dapat memuaskan pelanggan yang nantinya akan mendorong terciptanya loyalitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan Sabisa
Farm, menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja buah naga terhadap dimensi
mutu produk, menganalisis pengaruh mutu produk terhadap kepuasan dan
loyalitas pelanggan, dan menganalisis variabel mutu produk yang berpengaruh
terhadap kepuasan maupun loyalitas pelanggan. Metode pengambilan contoh yang
digunakan yaitu non-probability sampling dengan teknik pengambilan contoh
yaitu accidental sampling. Sedangkan, metode analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Structural
Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Performance dan Durability mempunyai pengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Sedangkan Features dan Reliability mempunyai pengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan mempunyai
pengaruh signifikan terhadap loyalias pelanggan. | id |