dc.description.abstract | Bank Sampah Mentari binaan PT PJB UP Cirata perlu mengindentifikasi
strategi pengembangan usaha agar dapat bersaing dengan bank sampah lainnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengindentifikasi preferensi konsumen terkait
atribut produk menggunakan analisis konjoin dan untuk mengestimasi nilai
kesediaan membayar konsumen terhadap produk Bank Sampah Mentari
menggunakan pendekatan CVM. Hasil dari penelitian ini yaitu prioritas atribut
produk yang menjadi pertimbangan untuk membeli produk dompet lipat adalah
harga, desain, dan kualitas, sedangkan kombinasi atribut produk dompet lipat
yang paling disukai adalah harga Rp45 000–Rp50 000, desain kemasan luwak
white koffie dan kualitas sangat bagus. Prioritas atribut produk yang menjadi
pertimbangan untuk membeli produk dompet koin adalah desain, harga dan
kualitas, sedangkan kombinasi atribut produk yang paling disukai oleh responden
adalah harga >Rp20 000, desain kemasan luwak white koffie, dan kualitas sangat
bagus. Prioritas atribut produk yang menjadi pertimbangan untuk membeli produk
goodie bag adalah harga, warna tali tas, ukuran dan kualitas, sedangkan
kombinasi atribut yang paling disukai responden adalah harga <Rp25 000, ukuran
besar, warna tali tas abu-abu dan kualitas sangat bagus. Hasil analisis kesediaan
membayar nilai rata-rata maksimum WTP produk dompet lipat sebesar Rp49
098.09, dompet koin sebesar Rp20 235.29 dan untuk goodie bag sebesar Rp28
333.33. | id |