dc.description.abstract | CV Seraci Batik Betawi merupakan salah satu industri batik yang sedang
berkembang dan perlu membuat strategi pemasaran terutama strategi harga. Tujuan
penelitian ini untuk mengestimasi nilai kesediaan membayar konsumen terhadap
produk Seraci Batik Betawi dan menganalisis penetapan harga yang berfokus pada
tujuan dan strategi dalam penetapan harga. Metode penelitian yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif dan Contingent Valuation Method (CVM). Hasil
penelitian menunjukkan tujuan penetapan harga Seraci Batik Betawi adalah untuk
meningkatkan volume penjualan. Strategi dalam penetapan harga yang diterapkan
adalah penetapan harga lini produk. Hasil analisis kesediaan membayar
menggunakan pendekatan CVM menunjukkan nilai rata-rata maksimum WTP
masing-masing produk baru yaitu batik cap kain prima dua warna sebesar Rp 236
538.5 per kain, dengan kain ATBM tiga warna sebesar Rp 1 317 307.7 per kain,
batik cap kain primisima tiga warna sebesar Rp 302 692.3 per kain, dengan kain
ATBM tiga warna sebesar Rp 1 373 076.9 per kain, batik tulis kain primisima empat
warna sebesar Rp 686 153.8 per kain, dan dengan kain ATBM empat warna sebesar
Rp 1 944 230.8 per kain. | id |