dc.description.abstract | Permintaan terus-menerus akan kosmetik lokal menyebabkan perusahaan
berlomba-lomba mengembangkan dan merebut pangsa pasar. Salah satu merek
kosmetik lokal adalah Emina. Harga produk yang murah dan tumbuhnya
kepercayaan merek di benak konsumen menjadikan Emina unggul dibandingkan
para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh brand trust dan
harga terhadap loyalitas konsumen produk kosmetik emina secara parsial maupun
secara bersama-sama. Data primer dalam penelitian ini berupa kuesioner yang
diberikan kepada responden dan data diperoleh dari PT Paragon Technology and
Innovation (PTI). Data sekunder diperoleh dari studi literatur. Penelitian
dilaksanakan di Kota Jakarta dan yang menjadi contoh adalah remaja dan wanita
muda yang menggunakan produk Emina dengan pembelian minimal satu kali
sebanyak 100 orang. Teknik penarikan contoh pada penelitian ini adalah
purposive sampling. Teknik analisis dengan analisis regresi linear berganda, uji F
dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan brand trust dan harga berpengaruh nyata
terhadap loyalitas konsumen, dengan koefisien determinasi 44.5 persen, dan
sisanya (55.5 persen) dijelaskan oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti. | id |