Pengaruh paparan iklan merek terhadap pengetahuan produk, intensi membeli dan mengonsumsi cokelat produk nasional
Abstract
Impor kakao dalam bentuk hasil olahan akhir maupun biji mentah di dalam negeri terus terjadi setiap tahun di samping makin maraknya merek produk cokelat luar negeri yang beredar di pasaran nasional. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh paparan iklan merek terhadap perbedaan pengetahuan produk, intensi membeli dan mengonsumsi cokelat produk nasional berdasarkan perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperiment intact-group comparison dilakukan di SMA Negeri Kabupaten Bogor. Contoh sebanyak 60 siswa yang terbagi kedalam dua kelompok yakni kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik penarikan contoh ialah convenience sampling. Perlakuan yang diberikan berupa paparan video iklan merek terhadap kelompok eksperimen. Analisis data dilakukan melalui uji beda paired sample t-test, independent sample t-test, dan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pengetahuan produk, intensi membeli dan mengonsumsi cokelat produk nasional pada kelompok eksperimen sesudah diberikan perlakuan yang menunjukkan adanya pengaruh paparan iklan merek.