Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Sosialisasi Moral Ibu terhadap Karakter Tekun Anak Usia Sekolah Pada Keluarga di Slum Area
Abstract
Pembentukan karakter tekun tidak terlepas dari faktor orang tua, seperti kecerdasan spiritual ibu dan sosialisasi moral. Tujuan penelitian ini antara lain untuk: (1) mengidentifikasi dan menganalisis hubungan karakteristik keluarga dan anak, kecerdasan spiritual dan sosialisasi moral ibu dengan karakter tekun anak pada keluarga di slum area; dan (2) menganalisis pengaruh karakteristik keluarga dan anak, kecerdasan spiritual dan sosialisasi moral ibu terhadap karakter tekun anak usia sekolah pada keluarga di slum area. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dan pemilihan lokasi secara purposive. Responden penelitian ini meliputi 44 ibu dan 44 anak berusia 6-12 tahun yang bersekolah formal, serta tinggal di pemukiman kumuh (slum area), di salah satu kawasan Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata capaian kecerdasan spiritual ibu, sosialisasi moral ibu, dan karakter tekun anak berada pada kategori cukup baik. Adapun hasil uji korelasi menunjukkan bahwa besar keluarga, kecerdasan spiritual dan sosialisasi moral ibu berhubungan positif nyata dengan karakter tekun anak usia sekolah. Sementara itu, kecerdasan spiritual dan sosialisasi moral ibu juga menunjukkan hubungan yang sangat signifikan. Hasil uji regresi linier berganda juga membuktikan bahwa peningkatan sosialisasi moral tekun yang dilakukan ibu secara signifikan akan meningkatkan karakter tekun anak usia sekolah.