Peran Dukungan Orang Tua, Emosi Akademik, dan Strategi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PPKU IPB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dukungan orang tua, emosi akademik, dan strategi belajar terhadap prestasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan 110 mahasiswa tingkat pertama IPB sebagai partisipan, yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, selanjutnya dianalisis secara deskriptif, serta uji korelasi Pearson, dan uji regresi berganda menggunakan SPSS 16. Dukungan emosional dan instrumental orang tua terhadap mahasiswa lebih tinggi daripada dukungan informasionalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik mahasiswa dan keluarga, serta dukungan orang tua dan emosi akademik negatif aktivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap strategi belajar. Emosi belajar yang paling sering dirasakan mahasiswa adalah emosi akademik positif aktivasi, sedangkan emosi akademik negatif aktivasi maupun negatif deaktivasi jarang muncul. Emosi akademik positif aktivasi dan negatif deaktivasi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan strategi belajar. Strategi belajar yang paling sering digunakan adalah organisasi dan usaha belajar. Dari sembilan dimensi strategi belajar, hanya usaha belajar serta pengaturan waktu dan lingkungan belajar yang berpengaruh signifikan dalam peningkatan prestasi akademik mahasiswa.