Strategi Bisnis pada PT Sayuran Siap Saji Bogor
Abstract
PT Sayuran Siap Saji adalah perusahaan pemasok sayuran untuk restoran.
Perusahaan ini mampu bertahan dan menjadi market leader dalam industri
pemasok sayuran di Jabodetabek. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan volume
penjualan yang cukup signifikan, yakni sekitar 7,5 persen per tahun. Penelitian ini
dilakukan untuk mengidentifikasi faktor eksternal maupun internal serta
merumuskan strategi bisnis PT Sayuran Siap Saji. Penelitian dilakukan pada Mei
2018 dan informasi diperoleh dari manajer . Metode analisis data yang digunakan
adalah IE, SWOT, dan QSPM. Analisis internal perusahaan menunjukkan bahwa
kekuatan perusahaan yaitu jaringan kemitraan dengan petani dan kelemahan yaitu
biaya produksi tinggi, lingkungan eksternal perusahaan menunjukkan peluang
utama yaitu tren gaya hidup konsumen, ancaman utama yaitu cuaca dan iklim
yang tidak menentu. Analisis matriks IE menunjukkan PT Sayuran Siap Saji
berada pada kuadran I yaitu pada tahap tumbuh dan kembangkan. Analisis matriks
SWOT menunjukkan terdapat empat alternatif strategi bisnis yang dapat
diterapkan oleh perusahaan. Analisis QSPM diperoleh strategi tertinggi adalah
melakukan efisiensi produksi dan melakukan kerja sama dengan tenaga ahli.
Collections
- UT - Agribusiness [4547]