Strategi Pengembangan Bisnis pada Usaha CV Bhumi Rasa di Inkubator LIPI
View/ Open
Date
2018Author
Yanto, Rizqi Nur Khaerani Indri
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
CV Bhumi Rasa merupakan perusahaan start-up yang saat ini bekerja sama dengan inkubator LIPI untuk mengembangkan bisnis baru di bidang cuka organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi CV Bhumi Rasa dan mengetahui posisi perusahaan sehingga mampu untuk menentukan alternatif strategi pengembangan bisnis serta menentukan prioritas strategi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang paling berpengaruh dari segi kekuatan dan kelemahan adalah produk merupakan hasil penelitian LIPI yang teruji secara ilmiah (0.353) dan belum memiliki ruangan yang steril (0.146). Faktor eksternal yang paling berpengaruh dari segi peluang dan ancaman secara berturut-turut adalah menjadi market leader untuk produk seasoning (0.564) dan fluktuasi permintaan yang tidak menentu (0.365). Matriks Internal dan Eksternal (IE) menunjukan posisi CV Bhumi Rasa pada sel II dengan nilai IFE (2.776) dan EFE (3.091) yang berarti usaha ini harus melakukan strategi grow and build. Berdasarkan analisis SWOT, terdapat 7 macam strategi alternatif terbentuk sehingga hasil prioritas strategi menggunakan QSPM adalah mencari akses permodalan selain dari lembaga pemerintahan untuk meningkatkan kapasitas dan modernisasi alat produksi dengan nilai TAS sebesar 6.159.
Collections
- UT - Management [3442]