Aplikasi Theory of Planned Behavior dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Susu Cair dalam Kemasan pada Mahasiswa Indonesia dan Malaysia
Abstract
Tingkat konsumsi susu di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan
negara lain di ASEAN, termasuk Malaysia. Perbedaan letak geografis membuat
konsumen memiliki perbedaan perilaku dalam keputusan pembelian produk.
Berdasarkan theory of planned behavior (TPB), keputusan pembelian dibentuk
niat yang dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif dan pengendalian perilaku.
Atribut produk dianggap memengaruhi keputusan pembelian, seperti harga, citra
merek, kemasan dan kualitas. Penelitian ini bertujuan membandingkan pengaruh
theory of planned behavior dan atribut produk terhadap keputusan pembelian susu
cair dalam kemasan pada mahasiswa Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini
menggunakan survei online pada 200 mahasiswa Indonesia dan Malaysia dengan
metode convenience sampling dan analisis SEM PLS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada perbedaan variabel TPB yang signifikan, pada
mahasiswa Indonesia adalah sikap dan pengendalian perilaku, sedangkan pada
mahasiswa Malaysia, yaitu sikap, norma subjektif dan pengendalian perilaku.
Variabel atribut produk yang signifikan pada mahasiswa Indonesia adalah
kemasan dan citra merek, sedangkan pada mahasiwa Malaysia tidak ada variabel
atribut produk yang signifikan.
Collections
- UT - Agribusiness [4247]