Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Pawon Kota Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses keputusan
pembelian serta faktor-faktor yang mempengarui keputusan pembelian Restoran
Pawon Kota Bogor. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan
metode convinience sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis
faktor. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakterisitik
konsumen serta bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian konsumen
di Restoran Pawon Kota Bogor. Analisis faktor digunakan untuk
mengelompokkan variabel-variabel yang memiliki kemiripan untuk dijadikan satu
faktor sehingga akan diperoleh faktor-faktor utama yang membentuk keputusan
pembelian oleh konsumen. Berdasarkan perhitungan menggunakan analisis faktor
diperoleh lima faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
di Restoran Pawon yaitu faktor pelayanan dan kepribadian (7.421), faktor harga
(2.616), faktor sumberdaya konsumen dan pengaruh lingkungan (1.300), faktor
internal konsumen dan produk (1.276), dan faktor promosi dan tempat (1.018).
Collections
- UT - Agribusiness [4251]